Mengenal Lebih Dalam Tentang Vitrified Tile

Dalam memilih ubin lantai, biasanya pilihan bahannya terdiri dari keramik, plastik, atau batu. Jika Anda memilih ubin keramik, Anda akan memilih lagi antara keramik atau porselen. Akan tetapi, selama beberapa tahun terakhir sudah ditemukan jenis keramik yang disebut juga Vitrified Tile atau ubin kaca.

Perbedaan utama antara ubin keramik dengan ubin kaca adalah pada elemen-elemen pembuatannya. Ubin kaca dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan kuarsa dan feldspar sebelum dimasukan ke tempat pembakaran, sedangkan ubin keramik biasa hanya terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan air dan dicetak. Adanya bahan-bahan tambahan dalam membuat ubin kaca membuat adanya kaca atau efek pantulan pada ubin. Alhasil, ubin kaca juga cenderung lebih kuat dan tidak mudah menyerap cairan seperti ubin keramik pada umumnya.

Salah satu produsen Vitrified Tile yang ternama adalah Conor Granito, perusahaan keramik dibawah Coral Group yang berdiri sejak tahun 2000. Dengan kapasitas produksi yang besar serta teknologi kelas dunia, Conor Granito telah memproduksi dua jenis Vitrified Tile, yakni
Glazed Vitrified Tiles (GVT) & Nano Vitrified Tiles (NVT).

GVT adalah Vitrified Tiles yang dilapisi lagi dengan desain, artwork, maupun tekstur permukaan seperti serat kayu, bambu, maupun batu. Lain hal dengan NVT, yaitu Vitrified Tiles yang diberikan lapisan menggunakan silika cair untuk mengisi pori-pori berukuran nano pada permukaan ubin agar semakin halus.

Saksikan koleksi Vitrified Tiles dari Conor Granito di KERAMIKA 2019!