Tips

Cara Membersihkan Granit yang Kusam dengan Baking Soda

Membersihkan lantai granit ternyata bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah, salah satunya baking soda. Yuk simak bersama cara membersihkannya!

Cara Membersihkan Granit yang Kusam dengan Baking Soda Cara Membersihkan Granit yang Kusam dengan Baking Soda

Granit lebih banyak digunakan untuk lantai gedung dan perkantoran karena tidak mudah pecah atau dikatakan ideal untuk konstruksi bangunan yang penting, seperti gedung pemerintahan, hotel, maupun rumah. Sama seperti keramik, granit memiliki variasi motif yang unik, terlebih karena memberikan kesan mewah untuk desain interior dan eksterior.

Membersihkan lantai granit bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah, salah satunya adalah menggunakan baking soda. Bahan ini dipilih karena dianggap bahan alami yang ampuh pada berbagai permukaan. Bahan yang harus Anda siapkan hanyalah baking soda dengan air secukupnya. Yuk simak bersama cara membersihkannya!

1. Campurkan baking soda dengan air secukupnya

2. Semprot ke area yang kusam, bernoda, atau yang ingin dibersihkan

3. Ratakan cairan yang sudah disemprotkan di lantai, lalu diamkan selama 24 jam

4. Jika sudah kering, bersihkan kembali dengan air dan sabun. Pastikan untuk menggunakan kain atau alat pembersih yang lembut dan tidak menggores lantai.

Jika Anda tidak memiliki atau kehabisan bahan ini untuk membersihkan granit, bisa diganti dengan bahan seperti cairan pembersih yang mengandung hidrogen peroksida, sabun cuci piring, deterjen cair (yang tidak mengandung asam dan pemutih), atau hanya air panas saja.


Tidak hanya membersihkan saja, menjaga kualitas granit agar tahan lama juga bisa dilakukan dengan hal sebagai berikut. 

1. Letakkan alas kaki dengan bahan lembut di depan pintu masuk.

2. Jangan meletakkan perabotan atau barang dengan alas tajam langsung di atas lantai granit.

3. Usahakan untuk membersihkan lantai setiap hari dengan alat pel yang tidak merusak lantai.

4. Segera bersihkan granit saat terkena noda.

5. Gunakan pembersih dengan pH seimbang atau yang memiliki bahan alami.

 

Masih banyak jenis keramik dengan motif dan cara perawatan yang berbeda. Untuk melihat lebih banyak jenis keramik dari berbagai produsen, langsung saja datang ke Keramika Indonesia, pameran industri dan teknologi keramik terbesar di Indonesia di tahun 2022 ini atau ikuti Instagram @keramikaid untuk info lebih lanjut mengenai tempat dan tanggal pelaksanaan.

 

Share this article