Education

Kenali Material Keramik

Sering gunakan keramik di properti Anda, tapi belum tau komponen penting pembentuknya? Baca artikel berikut ini!

Kenali Material Keramik Kenali Material Keramik

Keramik merupakan hasil seni dan teknologi atau bahan padat anorganik yang terpadu dari unsur logam dan non logam. Bahan-bahan tersebut yakni SiO2, AI2O3, CaO, MgO, K2O, Na2O. Pemakaian keramik tidak hanya untuk bahan bangunan dan alat rumah tangga. Seiring perkembangan teknologi, pemakaiannya meningkat terutama dalam industri teknik (sebagai isolator listrik, busi kendaraan, kapasitor dan lainnya).

Sifat keramik yang paling mudah dilihat secara fisik pada beberapa jenis keramik tradisional tingkat ketahanannya yang mudah rapuh, seperti pada barang pecah belah (alat rumah tangga), gerabah, kendi dan lainnya. Sifat rapuh pada keramik dengan jenis hasil sintering dan campuran sintering dengan logam ini tidak berlaku. Sifat lainnya adalah ketahanan terhadap suhu tinggi.

Klasifikasi dari keramik sendiri, pada prinsipnya terbagi menjadi 2, yakni keramik tradisional dan keramik halus. Keramik tradisional sendiri dibuat menggunakan bahan alam (kuarsa, kaolin dan lainnya). Dalam kehidupan sehari-hari biasanya dijadikan untuk keperluan pembangunan rumah (ubin, batu bata), barang pecah belah dan industry. Keramik halus dibuat menggunakan oksida logam seperti AI2O3, ZrO2, MgO dan lain-lain. Biasanya digunakan untuk semikonduktor, komponen turbin dan dipakai di bidang media.

Untuk membuat keramik ada bahan tertentu yang dipergunakan oleh para pengrajin keramik, yakni tanah liat, pasir dan feldspar.

Bahan baku tanah liat memiliki sifat penting seperti adanya kemampuan untuk dibentuk tanpa mudah retak, kemampuan untuk dilebur dan sebagai bahan non plastic. Pasir sendiri berfungsi sebagai bahan pengisi saat pembuatan di bagian pembakaran keramik. Bahan terakhir, feldspar berfungsi sebagai bahan pengikat dalam pembuatan keramik dan bisa menurunkan temperature pembakaran.

Setelah Anda mengetahui secara umum tentang keramik lewat penjelasan di atas, saatnya datang ke pameran KERAMIKA untuk melihat lebih banyak dan secara langsung mengenai material dan teknologi pembuatan keramik. Pastikan untuk ikuti semua perkembangan informasi mengenai pameran ini melalui Instagram @keramikaid.

Share this article