Press Release

KERAMIKA INDONESIA 2023 Dukung Kebangkitan Industri Keramik Indonesia Pasca Pandemi

KERAMIKA INDONESIA 2023
Dukung Kebangkitan Industri Keramik Indonesia Pasca Pandemi KERAMIKA INDONESIA 2023
Dukung Kebangkitan Industri Keramik Indonesia Pasca Pandemi

Jakarta, 7 November 2022 – Panorama Media akan kembali menggelar Pameran KERAMIKA Indonesia pada 23-26 Februari 2023 mendatang di Jakarta Convention Center. Sebagai ASEAN’s Only Dedicated Ceramic Event yang merupakan Pameran Industri Keramik Terbesar se-ASEAN ini, tetap diselenggarakan bersama dengan Pameran MEGABUILD Indonesia, keduanya berpadu menjadi Pameran Arsitektur, Desain Interior, Bahan Bangunan, dan Konstruksi yang terbesar di Indonesia.

KERAMIKA Indonesia senantiasa menjadi pameran yang dinantikan oleh produsen, distributor, konsumen dan masyarakat luas, Bukan hanya merupakan ajang penampilan bagi kreasi keramik nusantara, juga selebrasi Indonesia sebagai sentra produksi dan konsumen keramik terbesar di ASEAN, Asia Tenggara, bahkan sudah menjadi produsen delapan besar di dunia dengan total produksi 550 juta meter².


Industri Keramik Indonesia Pulih Lebih Cepat!

Industri keramik Indonesia memiliki keunggulan dan potensi yang cukup besar karena memiliki ketersediaan bahan baku dan sumber energi gas yang melimpah. Didukung oleh adanya deposit tambang sebagai bahan baku keramik yang relatif besar dan tersebar di berbagai daerah, misalnya ball clay, feldspar, dan zircon, maupun ketersediaan energi gas yang melimpah sebagai bahan bakar proses produksinya.

Itulah sebabnya perkembangan industri keramik nasional menjadi salah satu industri unggulan dalam negeri dan prospek ekspansi industri keramik nasional memiliki peluang besar dalam jangka panjang seiring dengan pertumbuhan pasar dalam negeri yang terus meningkat, didukung oleh pertumbuhan pembangunan, baik di bidang properti, perumahan dan konstruksi. Konsumsi keramik per kapita Indonesia masih rendah dibanding dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Dua tahun pandemi Covid-19 telah membawa ekonomi hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia, tak bisa terelakkan masuk ke dalam jurang resesi dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) minus, walaupun angka minus pertumbuhan perekonomian Indonesia tergolong lebih baik jika dibandingkan dengan negara-negara maju atau di kawasan Asia lainnya. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah tepat melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dimana salah satu tujuannya adalah membantu menciptakan demand atau konsumsi masyarakat, melalui stimulus berupa penurunan harga gas alam industri dan penetapan safeguard untuk produk impor dari India dan Vietnam dimana keduanya sudah memberikan dampak positif bagi industri keramik Indonesia.


Tancap Gas Ekspor Keramik ke Sejumlah Negara Potensial

Industri keramik Indonesia mampu mendorong utilitas yang di masa Pre-Pandemi yaitu tahun 2016 hingga 2019 mengalami stagnasi di 60%-65%, kemudian menurun pada masa pandemi menjadi 56%; di tahun di 2021 meningkat menjadi 75%, bahkan Year to Date 2022 meningkat mencapai 78%. 

Dengan dukungan harga gas yang lebih kompetitif, maka utilisasi industri ini bisa meningkat, industri keramik Indonesia lebih agresif menggarap produk yang diekspor bisa kian besar. Ternyata industri keramika Indonesia mampu memanfaatkan momentum ekspansi. Adapun negara tujuan ekspor yang sedang bertumbuh antara lain, Malaysia, Thailand, Filipina dan USA.


Akankah resesi global mengancam pertumbuhan ekonomi Indonesia?

Berita ekonomi yang paling hangat, edisi terbaru bulan Oktober 2023 IMF (International Monetary Fund), merilis World Economic Outlook memproyeksikan bahwa di 2023, GDP Indonesia diprediksikan mengalami pertumbuhan 5%. Ini tentu membawa ketenangan di tengah kekhawatiran masyarakat luas tentang resesi 2023 yang banyak digaungkan. Benar ekonomi global saat ini tetap berada dalam keadaan yang serba tidak pasti, tapi untuk Indonesia jangan takut terlalu berlebihan, masih ada harapan besar, karena pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tetap baik.

Justru IMF menunjukkan optimismenya terhadap Indonesia dengan memproyeksikan untuk tahun 2022 GDP Indonesia akan tumbuh mencapai 5,3%, padahal di 2021 GDP Indonesia cuma sebesar 3,7%. Artinya, di dalam ketidakpastian ini pun, ada sentimen positif terhadap GDP Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga dengan kebijakan yang pro bisnis dan juga menjaga konsumsi rumah tangga, maka efek perlambatan ekonomi dan resesi global akan minim ke Indonesia.


Pameran Keramika Indonesia pada 23-26 Februari 2023

“Didukung penuh oleh Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI), KERAMIKA Indonesia menjadi satu-satunya pameran di Indonesia yang mengkonsolidasikan industri dan memperkuat peran ASAKI, sehingga anggota ASAKI bisa menjadi bagian dari persaingan kompetitif global. Tidak terlepas dari itu, jangka panjang KERAMIKA juga menjadikan Indonesia bisa diakui sebagai pusat regional untuk inovasi dan manufaktur keramik berkualitas guna menuju kebangkitan keramik Indonesia,” tutur Edy Suyanto, Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) saat peluncuran KERAMIKA Indonesia edisi ke-9 di kawasan Sudirman.

Director Panorama Media, Royanto Handaya, mengatakan jika penyelenggaraan edisi terakhir KERAMIKA dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Kemudian selama 3 tahun mulai tahun 2020 hingga 2022 sempat vakum oleh situasi dan kondisi yang belum kondusif untuk dilaksanakan kegiatan pameran. Kami optimis KERAMIKA Indonesia dapat dilaksanakan kembali pada 2023 mendatang. Kita melihat banyak hal positif dan perkembangan berbagai bidang paska pandemi. Ekonomi makin bergeliat baik, daya kebutuhan masyarakat akan keperluan bahan bangunan juga mengalami peningkatan, serta beberapa acara pameran yang sudah dilaksanakan oleh Panorama Media belakangan ini memberikan hasil yang memuaskan dari sisi jumlah pengunjung. 

Pada saat yang sama, Desi Natalia, ketua panitia KERAMIKA Indonesia 2023 menyatakan bahwa akan banyak program dan kegiatan yang dihadirkan dalam KERAMIKA Indonesia nantinya, mulai dari manufaktur besar keramik lokal dan elemen pendukungnya, konferensi, seminar, house of ceramics, brand presentation, ceramics sales, architect & student visit, business matching, ceramic charity hingga peluncuran berbagai tren, produk dan teknologi baru di industri keramik. Semua akan berlomba-lomba untuk menyajikan yang terbaik di tahun 2023 melalui KERAMIKA Indonesia. 

Sampai saat ini berbagai perusahaan keramik ternama di Indonesia sudah melakukan konfirmasi untuk turut memeriahkan pagelaran KERAMIKA Indonesia 2023 ini seperti Arwana Citra Mulia Tbk (ARWANA), Asri Pancawarna (INDOGRESS), Satyaraya Keramindo Indah (ROMAN), Satya Djaya Raya Trading (KANMURI), PT Internusa Keramik Alamasri (ESSENZA), PT. Saranagriya Lestari Keramik (MILAN), PT. Cahaya Putra Asa Keramik (KAISAR), PT. Kokoh Inti Arebama (KIA), Tbk, PT Concord Industry (CONCORD), PT. Sun Power Ceramic (SUN POWER Ceramic), PT System Indonesia (SYSTEMINDO), PT. Torrecid Indonesia (TORRECID), Lamberti Indonesia, Ferro Mas Dinamika, China Glaze Indonesia (CHINA GLAZE), PT. Niro Ceramic Nasional Indonesia (NIRO), Sicer Indonesia (SICER) dan lain-lain. 


Yang baru di KERAMIKA Indonesia Edisi ke-9

Lantas apa yang membedakan KERAMIKA Indonesia tahun depan dengan edisi-edisi sebelumnya? Pertama ini adalah pertama kalinya mempersembahkan Pavilion khusus untuk para manufaktur keramik dari kategori Tile and Sanitary yaitu di area utama yang letaknya di Hall A dan Pre-Function, yang akan dilalui oleh seluruh pengunjung pameran.

Hal kedua, sejumlah pelaku bisnis akan mengisi berbagai acara mulai dari konferensi, seminar, & talkshow yang memberikan inspirasi, edukasi, solusi, membuka perspektif dan peluang baru dari prospek bisnis baru. Sejumlah topik menarik sedang dirampungkan, diantaranya mengenai Sustainable Design, Intelligent Building, Reorientasi Ruang Terbuka Kota, Smart City, Sustainability Development, Transit Oriented Development.

Pameran ini tidak dipungut biaya masuk dan pendaftaran sebagai pengunjung akan dibuka secara online pada awal Januari 2023 mendatang. Sedangkan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berpartisipasi sebagai peserta pameran dapat menghubungi nomor WhatsApp hotline di +62 811-8805-638, terdapat berbagai paket kepesertaan yang ditawarkan oleh organizer.


Tentang Panorama Media

PT. Pameran Masa Kini (PMK) adalah perusahaan penyelenggara pameran yang merupakan anak perusahaan Panorama Group, sebuah Group usaha ternama di Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata, transportasi, perhotelan dan lain sebagainya. Guna menyederhanakan merek dagang, maka PMK memilih menggunakan merek “Panorama Media” untuk setiap penyelenggaraan pameran yang diorganisir. 

Panorama Media bertujuan menyediakan jasa profesional yang berkualitas dan menghadirkan acara dari industri ke industri melalui kerjasama dengan instansi pemerintah terkait, mitra industri, asosiasi perdagangan, pemilik tempat, kontraktor dan pelanggan di Indonesia. 

Saat ini, Panorama Media menyelenggarakan sejumlah pameran di Indonesia baik berskala nasional maupun internasional seperti industri waralaba dan lisensi, bahan bangunan dan konstruksi, transportasi dan logistik dan sektor konsumen Indonesia antara lain: KERAMIKA Indonesia, MEGABUILD Indonesia (MBI), Franchise & License Expo Indonesia (FLEI), Retail & Solution Expo Indonesia (RSEI), Café & Brasserie Expo Indonesia, Grand Wedding Expo, Indonesia Transport Supply Chain & Logistics, Indonesia Comic Con dan lainnya.


Tentang ASAKI

Didirikan pada tahun 1972, anggota ASAKI telah berkembang menjadi 76 perusahaan yang meliputi produsen ubin keramik, dinding, sanitary ware, tableware, refractory, pemasok bahan baku dan mesin. ASAKI bekerja sama dengan Balai Kerja Keramik untuk memberikan bimbingan kepada para pengusaha kecil dan menengah (UKM) di Dinoyo, Plered Jawa Timur dan Jawa Barat. 

Dalam ASEAN, ASAKI merupakan anggota aktif Ceramics Industry Club of Southeast Asian Countries (CICA). Pada tingkat Internasional, ASAKI adalah anggota aktif The World Tile Manufacturers Forum, berpusat di Brussels, Belgia yang terdiri dari produsen keramik dunia yang terdiri dari lebih dari 30 negara. 

ASAKI secara aktif berpartisipasi dalam acara lokal dan luar negeri dengan misi untuk mempromosikan industri keramik Indonesia, serta menjaga industri lokal tetap diperbarui sesuai dengan perkembangan industri keramik di seluruh dunia, baik dalam hal desain maupun teknologi.


Untuk informasi selengkapnya silakan hubungi: 

MARZUKI HERRY

Project Manager PT. Pameran Masa Kini (Panorama Media)


Share this article